Monday, October 15, 2012

SULTAN ISKANDAR THANI



Iskandar Thani Alauddin Mughayat Syah (meninggal 1641) adalah sultan ketiga belas dari Aceh, menyusul Iskandar Muda Sultan. Iskandar Thani adalah putra Sultan Pahang, Ahmad Syah, yang dibawa ke Aceh dalam penaklukan Pahang tahun 1617 oleh Iskandar Muda. Dia menikah dengan putri sultan, ratu kemudian Taj ul-Alam, dan berhasil Iskandar Muda sebagai Sultan ketika ia meninggal pada 1636.

Memerintah di bangun dari kekalahan dari armada Aceh pada tahun 1629, Iskandar Thani tidak mampu melanjutkan keberhasilan militer pendahulunya. Dia adalah seorang pemimpin yang kuat, mampu menekan kekayaan hutan (Aceh bangsawan) dan bekerja untuk memusatkan kekuasaan raja sebagai Iskandar Muda telah dilakukan. Kekuasaannya terlalu singkat untuk membuat prestasi besar, bagaimanapun, dan setelah kematiannya mampu menegaskan pengaruh mereka, dan ditempatkan jandanya, Taj ul-Alam, di atas takhta, yang pertama dari beberapa sultan yang lemah.

Seperti Iskandar Muda itu, pengadilan Iskandar Thani dikenal sebagai pusat studi Islam. Dia adalah pelindung Nuruddin ar Raniri-, seorang sarjana Islam dari Gujarat yang tiba di Aceh pada tahun 1637. Ar-Raniri mengecam karya ulama sebelumnya dari pengadilan Iskandar Muda, dan memerintahkan buku-buku mereka untuk dibakar sambil membentuk standar sastra dan agama.

No comments: