Thursday, October 4, 2012

TAMAN PUTROE PHANG



Taman Putroe Phang adalah taman yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Putroe phang adalah permaisuri dari sultan iskandar muda yang berasal dari Kerajaan Pahang. Taman ini didirikan oleh sultan Iskandar muda pada abad 17 atas pemintaan putroe pahang. taman ini dibangun karena Sultan sangat Mencintai putri pahang dan agar sang permaisuri tidak kesepian bila di tinggal sultan menjalankan pemerintahan .
Di dalam taman putroe phang terdapat pintoe khop merupakan pintu yang menghubungkan istana dengan taman putroe phang yang berbentuk kubah, Pintoe Khop ini merupakan tempat beristirahat Putri Phang, setelah lelah berenang, letaknya tidak jauh dari Gunongan, disanalah dayang-dayang membasuh rambut sang permaisuri, Disana juga terdapat kolam untuk sang permaisuri keramas dan mandi bunga.
Pintoe Khop putroe phang - Dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, Pintoe Khop merupakan pintu penghubung antara Istana dengan Taman chairah/Taman Putroe Phang. Gerbang ke taman sari dari keluarga kerjaan, Sultan, Permaisuri, Pangeran, dan Putri Raja.
Pembangunan taman dikisahkan merupakan permintaan dari Putroe Phang, putri raja yang dibawa ke Aceh oleh Sultan Iskandar Muda setelah kerajaan Pahang ditaklukan. Pintoe Khop yang berbentuk tubah ini merupakan tempat beristirahat Putri Phang setelah lelah berenang dan letaknya tidak jauh dari gunongan.

No comments: