Wednesday, December 12, 2012

MAKAM SYIAH KUALA

 

Makam Syiah Kuala juga menjadi daya tarik wisata tempat disemayamkannya Tengku Syiah Kuala adalah seorang yang berpengaruh pada zaman pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Makam ini diziarahi oleh umat Islam dari berbagai penjuru tanah air termasuk luar negeri.
Letaknya ditepi pantai sekitar 7 km dari pusat kota dapat ditempuh dari dua arah yaitu Alue Naga dan Jalan Syiah Kuala. Nama asli Tengku Syiah Kuala adalah Syech Abdurrauf Bin Ali Al Jawi Al Fansuri Al Singkeli.
Tengku Syiah Kuala di angkat menjadi Khadhi Malikul Adil atau Mufti Besar di Kerajaan Aceh selama tiga periode pemerintahan Sultanah yaitu Sultanah Safiatuddin Tajul Alam (1614 – 1675), Sultanah Nurul Alam Naqiatuddin (1675 – 1678) dan Sultanah Zakiatuddin Inayatsyah (1678 – 1685).

Selama menjabat khadhi Malikul Adil, semua yang berhubungan dengan pelaksanaan hukum menjadi wewenang beliau, sedangkan pelaksanaan adat berada dibawah tanggung jawab raja. Beliau wafat dalam usia 73 tahun dan dimakamkan di Desa Kuala, Meunasah Dayah Raya Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh

Beliau lahir di Singkil pada tahun 1620 dan meninggal dunia pada tahun 1693 dalam usia 73 tahun di Kuala Aceh serta nama beliau diabadikan sebagai salah satu nama ruas jalan dalam Kota Banda Aceh dan nama Universitas negri.

No comments: