Thursday, December 27, 2012

PEUDEUNG ON TEUBEE ( ACEH )

Selain rencong dan siwah, di Aceh juga banyak jenis senjata tajam dalam bentuk pedang, termasuk jenisnya. Mungkin ada sekitar 10 jenis pedang yang sangat terkenal di Aceh. Namun, di sini hanya akan diuraikan satu jenis pedang yang terkenal di Aceh, baik bentuk, kegunaan dan cara memakainya. Pedang-pedang itu sendiri kini sudah langka. Salah satu jenis pedang sangat terkenal di Aceh adalah Peudeung On Teubee (pedang daun tebu). Dinamakan demikian karena bentuk mata pedang ini mirip daun tebu, yaitu tipis dan panjang. Pedang ini sangat ampuh dipergunakan saat perang melawan kompeni pada abad-abad lalu di Aceh.

Yang menarik dari bentuk pedang ini adalah gagangnya. Pada gagang pedang ini ada pelindung tangan yang terbungkus besi baja. Di kedua sisi pangkal matanya terdapat besi penjepit yang panjangnya sekitar 10 cm, penjepit yang ada pada pangkal gagang berguna untuk mematahkan pedang musuh jika pedang musuh masuk ke penjepit ini.

Peudeung On Teubee (pedang daun tebu) ini juga dihiasi dengan tampok (gagang) di ujung gagangnya seperti tampok kupiah meuketop (mahkota). Gagang ini berbentuk bintang tiga lapis, tapi lebih kecil dari tampok kupiah karena harus disesuaikan dengan gagang pedang. Biasanya gagang ini terbuat dari emas atau perak yang diukir dan dihiasi permata. Begitu pula pada penahan (pelindung) tangan, juga dilapisi emas atau perak yang diukir dengan motif-motif khas Aceh yang indah. Di ujung gagang, terdapat besi bulat yang dibungkus emas dalam bentuk runcing. Gunanya, bila tiba-tiba ada musuh dari belakang bisa ditusuk tanpa harus memutar badan.

No comments: